Fotogrametri

I see it, I like it, I want it, I got it -Ariana Grande

Fotogrametri atau photogrammetry adalah teknologi canggih yang dapat memindai benda disekitar Anda menjadi versi 3D yang dapat dicetak menggunakan mesin 3D Printer hanya dengan mengambil gambar dari benda tersebut menggunakan kamera handphone atau DSLR. Bagaimana bisa?

Well, mengutip dari wikipedia , Fotogrametri dan Penginderaan Jauh, didefinisikan sebagai, "seni, ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memperoleh informasi yang dapat dipercaya tentang benda-benda fisik dan lingkungan melalui proses perekaman, mengukur dan menafsirkan gambar-gambar fotografi dan pola-pola pencitraan radiasi elektromagnetik dan fenomena lainnya". Teknologi ini mampu merekam patung, pahatan, bangunan , bahkan gunung menjadi tiga dimensi dan dapat dicetak menggunakan mesin 3D Printer berdasarkan hasil analisis melalui gambar yang di ambil dan diproses oleh software photogrammetry.

Saat ini, ada banyak software yang dapat digunakan, salah satunya adalah meshroom. Software meshroom merupakan software yang bersifat open-source sehingga dapat diakses oleh siapapun. Untuk mendapatkan model tiga dimensi tersebut, dibutuhkan minimal 10-15 foto yang diambil mengelilingi objek. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan titik-titik tiga dimensi (3d points) yang kemudian dianalisis membentuk bentuk 3d dari objek tersebut. Setelah itu anda dapat mencetaknya dengan mesin 3D printer setelah membersihkan bagian objek tidak perlu yang tertangkap kamera atau me-rescale ulang model Anda.

Welcome to the future!